KREATIVITAS GURU PAK MENGAJAK SISWA HIDUP DALAM KASIH MENURUT 1 KORINTUS 13:4-7

  • Denni Khas Juliana Br Nainggolan Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
  • Regita Depari Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
  • Mida Tambunan Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
  • Uli Anggraeni Sembiring Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Kata Kunci: kreativitas guru PAK, siswa, hidup dalam kasih, perubahan tingkah laku

Abstrak

Para siswa sangat penting untuk memiliki kasih karena dengan itu mereka akan lebih mudah diterima oleh lingkungan dan berkenan di hadapan Tuhan. Agar para siswa memiliki kasih mereka perlu didorong oleh guru PAK dan untuk itu guru PAK perlu memiliki kreatifitas dalam mendorong para siswa memiliki kasih sebagaimana tercantum dalam 1 Korintus 4-7. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajak siswa untuk hidup di dalam kasih menurut 1 Korintus 4-7 dan implikasinya terhadap perubahan tingkah laku siswa di sekolah. Subyek penelitian adalah SMA Cerdas Bangsa, Medan, Sumatera Utara. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sample yang dilibatkan sebanyak 30 siswa dari kelas yang berbeda-beda dan dipilih secara random. Data diambil dengan penyebaran angket kepada siswa. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat korelasi positif dan berarti antara kreativitas guru PAK dengan kemampuan siswa hidup dalam kasih dan perubahan tingkah laku siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adri, J., Ambiyar, A., Refdinal, R., Giatman, M., & Azman, A. (2020). Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170–181. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1845

Belo, Y. (2020). Buah Roh Dalam Galatia 5:22-23 Dan Penerapannya Bagi Pendidikan Agama Kristen. JURNAL LUXNOS, 6(1), 89–95. https://doi.org/https://doi.org/10.47304/jl.v6i1

BP, G. (2020). Catatan Buku Guru BP. SMA Cerdas Bangsa.

Dasrita, Y. (2018). Kesadaran Lingkungan Siswa (S. Rahman (ed.)). CV. Cipta Media Edukasi.

Gunawan, A. (2020). Kasih Fondasi Keluarga Yang Sehat. SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 7(2), 59–80. https://doi.org/10.47596/solagratia.v7i2.95

Guru PAK Cerdas Bangsa. (2021). Wawancara Guru PAK.

Hutahaean, H. (2019). Akselerasi Guru Teologi Profesional dan Bermutu.

Hutahaean, H., Sihotang, H., & Siagian, P. (2021). PAK Dalam Keluarga dan Lingkungan Pergaulan Siswa, Kontribusinya Terhadap Pembentukan Karakter. Berita Hidup, 3(2), 171–188. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.84

Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.287

Isnanto, I., Ilham, A., & Lakita, N. (2020). Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas. Jambura Journal of Educational Management, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.108

Kristanti, D., Magdalena, M., Karmiati, R., & Emiyati, A. (2020). Profesionalitas Yesus Dalam Mengajar Tentang Kasih. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 35–48. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.286

Metboki, R. J. A. (2020). Peranan Orangtua Kristen Dalam Membentuk Karakter Anak. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 55–63. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v1i2.7

Natonis, H. Y. (2021). Pendidikan Agama Kristen Remaja (P. G. Neonbasu (ed.)). BPK Gunung Mulia.

Noviyanto, J. (2021). Pandangan Iman Kristen Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Aplikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen. BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 83–99. https://doi.org/10.46558/bonafide.v2i1.46

Prabowo, Hubertus, A. (2021). Multikulturalisme dan Dialog dalam Pendidikan Agama Katolik. Jurnal Teologi, 10(1), 19–34. https://doi.org/10.24071/jt.v10i1.2794

Purba, A. (2015). Kreatifitas Yesus Dalam Membangun Hubungan Interpersonal dengan Murid-Muridnya. Jurnal TEDC, 9(1), 69–75.

Raihan, M. (2021). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. An-Nuha, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.13

Simatupang, R. (2020). Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas Mengajar Guru PAK Dalam Menggunakan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Di SMA Negeri 1 Siborong-Borong Kabupaten Taput Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Christian Humaniora, 3(2), 132–139. https://doi.org/10.46965/jch.v3i2.128

Sinaga, L., Sarumaha, R., & Hutahaean, H. (2021). Kontribusi Pertumbuhan Rohani Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Christian Humaniora, 5(1), 64–80. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.377

Siregar, N., Siregar, H., & Hutahaean, H. (2021). Application of the Picture and Picture Type of Cooperative Learning Model in Improving Student Learning Creativity. TP -Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 23–36. https://doi.org/10.21009/JTP2001.6

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tafonao, T. (2019). Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4 : 11-16. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 62–81.

Tanaem, Y., & Djira, I. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Pusat Pengembangan Anak Io-0497 Benyamin Oebufu. VISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 180–202. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.96

Wahidmurni. (2017). Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif. Repository UIN Malang, 1(1), 287–295.

Diterbitkan
2022-06-06
##submission.howToCite##
Nainggolan, D. K. J. B., Depari, R., Tambunan, M., & Sembiring, U. A. (2022). KREATIVITAS GURU PAK MENGAJAK SISWA HIDUP DALAM KASIH MENURUT 1 KORINTUS 13:4-7 . VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 4(1), 20-36. https://doi.org/10.35909/visiodei.v4i1.245
Bagian
Artikel