SOCIAL ENTREPRENEURSHIP
Penerapan Kewirausahaan Paulus Bagi Wirausahawan Kristen Masa Kini
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan karakteristik kewirausahaan Paulus sebagai wujud Social Enterpreneurship bagi wirausahawan Kristen masa kini. Peneliti mendapati bahwa kajian terhadap hal tersebut masih sedikit sehingga perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam. Di samping itu, kajian yang ada pada umumnya hanya mengkaji sebatas Enterpreneurship saja. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode library reasech dan metode kritik retorik untuk memencahkan masalah yang ada. Adapun problem research yang dipecahkan adalah bagaimanakah penerapan karakteristik kewirausahaan Paulus sebagai wujud Social Enterpreneurship bagi wirausahawan Kristen masa kini? Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wirausahawan Kristen pada dasarnya adalah Social Entrepreneur yang wajib memiliki inovasi, kreatif, cerdas membaca peluang, berjiwa penolong serta terlibat aktif dalam transformasi sosial seperti krakteristik kewirausahaan Paulus.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adi, S. (2020). Kewirausahaan Dan Panggilan Kristen: Sebuah Pendekatan Interpretatif-Dialogis, Sosio-Historis Dan Teologis. 6(1), 18–34.
Bikse, V., Rivza, B., & Riemere, I. (2015). The Social Entrepreneur as a Promoter of Social Advancement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 185, 469–478. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.405
Diandra, D., & Azmy, A. (2020). Understanding Definition of Entrepreneurship. International Journal of Management, Accounting, and Economics, 7(5), 235–242. www.ijmae.com
Filion, L. J. (2011). Defining the Entrepreneurship. In Word Encyclopedia of Entrepreneurship. Edward Elgar Publishing.
Hulgård, L. (2010). Discourses of social entrepreneurship–Variations of the same theme? EMES European Research Network, 1(10), 1–21. http://base.socioeco.org/docs/wp_10-01_hulg_rd__web_.pdf%5Cnhttp://www.emes.net/site/wp-content/uploads/WP_10-01_Hulgaard__web_.pdf
Julianto, S. (2016). Kewirausahaan Jemaat: Sebuah Alternatif Berteologi. WASKITA, Jurnal Studi Agama Dan Masyarkat, 3(1), 152–181.
Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial. Alumni Bandung.
Kemendikbud Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pandemi
Kusni, M. (2020). Jiwa Entrepreneurship Pemimpin dalam Penatalayanan Gereja. Jurnal Teologi Kependetaan, 10(2), 160–175. http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-entrepreneur-wirausaha.html
Manyaka, S. J. (2015). Social entrepreneurship: A solution for transforming the disadvantaged community of Nellmapius. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 71(3), 1–7. https://doi.org/10.4102/hts.v71i3.2821
Martin, R. L. ., & Osberg, S. (2007). Social Entrepreneurship: The Case for Definition. Stanford Social Innovation Review. http://www.ssireview.org/articles/entry/social_entrepreneurship_the_case_for_definition
Palabirin, B., & Ronda, D. (2010). Pandangan Alkitab Tentang Praktik Bisnis di Kalangan Hamba Tuhan Penuh Waktu. Jurnal Jaffray, 8(2), 35. https://doi.org/10.25278/jj71.v8i2.45
Pasande, P., & Tari, E. (2019). Peran Gereja Dalam Pengembangan Program Kewirausahaan Di Era Digital. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.6
Saragih, E. S. (2019). Fungsi Gereja Sebagai Entrepreneurship Sosial dalam Masyarakat Majemuk. Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 12–23. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios
Seelos, C., & Mair, J. (2005). Social entrepreneurship: Creating new business models to serve the poor. Business Horizons, 48(3), 241–246. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2004.11.006
Setiawan, D. E., & Yulianingsih, D. (2019). Signifikansi Salib Bagi Kehidupan Manusia dalam Teologi Paulus. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 227–246. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.73
Setio, R. (1999). Penelitian Retorik. In Supardan (Ed.), Forum Bibilika (pp. 1–73). Lembaga Alkitab Indonesia.
Silalahi, J. N. (2019). PAULUS SANG ENTREPRENEUR: Pembuat Tenda Sebagai Jembatan Penginjilan. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.9
SKOLL Social Entrepreneurs. (2009). Social Entrepreneurship: Shifting Power Dynamics Development. Innovations, 3(4), 119–132.
Sofia, I. P. (2017). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. Widyakala Journal, 2(1), 2. https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.7
Szesnat, H. (1993). What Did The Skenopoios Paul Produce? Neotestamentica, 27(2), 1–3.
Tafonao, T. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 127–146. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i1.81
Utomo, H. (2014). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Among Makarti, 7(14).
Wibowo, H., & Nulhaqim, S. A. (2010). Kewirausahaan Sosial (Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan). In Program Manager.
Wijianto, S. (2009). Pengantar Entrepreneurship. Grasindo.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.