SOCIAL ENTREPRENEURSHIP

Penerapan Kewirausahaan Paulus Bagi Wirausahawan Kristen Masa Kini

Kata Kunci: Social Entrepreneurship, Kewirausahaan Paulus, Wirausahawan Kristen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan karakteristik kewirausahaan Paulus sebagai wujud Social Enterpreneurship bagi wirausahawan Kristen masa kini. Peneliti mendapati bahwa kajian terhadap hal tersebut masih sedikit sehingga perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam. Di samping itu, kajian yang ada pada umumnya hanya mengkaji sebatas Enterpreneurship saja. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode library reasech dan metode kritik retorik untuk memencahkan masalah yang ada. Adapun problem research yang dipecahkan adalah bagaimanakah penerapan karakteristik kewirausahaan Paulus sebagai wujud Social Enterpreneurship bagi wirausahawan Kristen masa kini? Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wirausahawan Kristen pada dasarnya adalah Social Entrepreneur yang wajib memiliki inovasi, kreatif, cerdas membaca peluang, berjiwa penolong serta terlibat aktif dalam transformasi sosial seperti krakteristik kewirausahaan Paulus.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adi, S. (2020). Kewirausahaan Dan Panggilan Kristen: Sebuah Pendekatan Interpretatif-Dialogis, Sosio-Historis Dan Teologis. 6(1), 18–34.

Bikse, V., Rivza, B., & Riemere, I. (2015). The Social Entrepreneur as a Promoter of Social Advancement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 185, 469–478. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.405

Diandra, D., & Azmy, A. (2020). Understanding Definition of Entrepreneurship. International Journal of Management, Accounting, and Economics, 7(5), 235–242. www.ijmae.com

Filion, L. J. (2011). Defining the Entrepreneurship. In Word Encyclopedia of Entrepreneurship. Edward Elgar Publishing.

Hulgård, L. (2010). Discourses of social entrepreneurship–Variations of the same theme? EMES European Research Network, 1(10), 1–21. http://base.socioeco.org/docs/wp_10-01_hulg_rd__web_.pdf%5Cnhttp://www.emes.net/site/wp-content/uploads/WP_10-01_Hulgaard__web_.pdf

Julianto, S. (2016). Kewirausahaan Jemaat: Sebuah Alternatif Berteologi. WASKITA, Jurnal Studi Agama Dan Masyarkat, 3(1), 152–181.

Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial. Alumni Bandung.

Kemendikbud Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pandemi

Kusni, M. (2020). Jiwa Entrepreneurship Pemimpin dalam Penatalayanan Gereja. Jurnal Teologi Kependetaan, 10(2), 160–175. http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-entrepreneur-wirausaha.html

Manyaka, S. J. (2015). Social entrepreneurship: A solution for transforming the disadvantaged community of Nellmapius. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 71(3), 1–7. https://doi.org/10.4102/hts.v71i3.2821

Martin, R. L. ., & Osberg, S. (2007). Social Entrepreneurship: The Case for Definition. Stanford Social Innovation Review. http://www.ssireview.org/articles/entry/social_entrepreneurship_the_case_for_definition

Palabirin, B., & Ronda, D. (2010). Pandangan Alkitab Tentang Praktik Bisnis di Kalangan Hamba Tuhan Penuh Waktu. Jurnal Jaffray, 8(2), 35. https://doi.org/10.25278/jj71.v8i2.45

Pasande, P., & Tari, E. (2019). Peran Gereja Dalam Pengembangan Program Kewirausahaan Di Era Digital. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.6

Saragih, E. S. (2019). Fungsi Gereja Sebagai Entrepreneurship Sosial dalam Masyarakat Majemuk. Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 12–23. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios

Seelos, C., & Mair, J. (2005). Social entrepreneurship: Creating new business models to serve the poor. Business Horizons, 48(3), 241–246. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2004.11.006

Setiawan, D. E., & Yulianingsih, D. (2019). Signifikansi Salib Bagi Kehidupan Manusia dalam Teologi Paulus. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 227–246. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.73

Setio, R. (1999). Penelitian Retorik. In Supardan (Ed.), Forum Bibilika (pp. 1–73). Lembaga Alkitab Indonesia.

Silalahi, J. N. (2019). PAULUS SANG ENTREPRENEUR: Pembuat Tenda Sebagai Jembatan Penginjilan. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.9

SKOLL Social Entrepreneurs. (2009). Social Entrepreneurship: Shifting Power Dynamics Development. Innovations, 3(4), 119–132.

Sofia, I. P. (2017). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. Widyakala Journal, 2(1), 2. https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.7

Szesnat, H. (1993). What Did The Skenopoios Paul Produce? Neotestamentica, 27(2), 1–3.

Tafonao, T. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 127–146. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i1.81

Utomo, H. (2014). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Among Makarti, 7(14).

Wibowo, H., & Nulhaqim, S. A. (2010). Kewirausahaan Sosial (Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan). In Program Manager.

Wijianto, S. (2009). Pengantar Entrepreneurship. Grasindo.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Diterbitkan
2021-05-13
##submission.howToCite##
Setiawan, D. (2021). SOCIAL ENTREPRENEURSHIP . VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 3(1), 40-62. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i1.176
Bagian
Artikel