STRATEGI ORANG TUA KRISTEN DALAM MEMBANGUN DISIPLIN ANAK
Abstrak
Penelitian ini bermaksud mengkaji strategi orang tua dalam menumbuh kembangkan disiplin anak di keluarga Kristen. Alkitab meletakan tanggung jawab utama untuk mendidik anak ada pada orang tua. Anak-anak memerlukan disiplin untuk membentuk karakter mereka. Selain itu disiplin juga penting bagi anak dalam kaitan dengan kehidupan sosial dan disiplin merupakan fondasi yang sangat dibutuhkan anak untuk meraih masa depan mereka. Metode yang digunakan adalah deksriptif dan kajian literatur. Berdasarkan hasil pembahasan artikel ini tersimpulkan bahwa para orang tua berperan dalam membangun disiplin anak mereka yaitu melalui membangun komunikasi dengan menggunakan bahasa cinta dari anak mereka, dengan menjadikan dirinya teladan yang bisa dicontoh oleh anaknya, memberikan ruang untuk anak bertumbuh serta mengeksplore dirinya, dan melalui tindakan tegas dalam kasih.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asaf, A. S. (2020). Upaya Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 2(2), 26–31. https://doi.org/10.47532/jic.v2i2.126
Astria, K. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pamulang. Jurnal Mandiri, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.29
Budiarti, T. (2018). Model-Model Pendidikan Perdamaian Bagi Anak Dalam Konteks Gereja. Jurnal Jaffray, 16(1), 55–76. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.280
Budijanto, O. W., & Rini, N. S. (2019). Implementasi Mekanisme Pemberian Hukuman Disiplin di Kementerian Hukum dan HAM. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 13(3), 283–310. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2019.v13.283-310
Budiyana, H. (2018). Perspektif Alkitab Terhadap Keluarga Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 581–589. https://doi.org/10.33541/regula%20fidei.v3i2.983
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. JURNAL GOLDEN AGE, 4(1), 152–159.
Chapman, G., & Campbell, R. (2018). The 5 love Languages of Children. ANDI Offset.
Darmawan, I. P. A. (2019). Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal Istighna, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Emiyati, A. (2018). Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.46445/ejti.v2i2.109
Hadi, N. (2019). Pendidikan Teologi Lintas Agama dalam Meraih Keluarga Bahagia (Analisis Teori Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu). AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 67–87. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.5224
Hafizah, E., & Sari, P. (2019). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak, 6(1), 91–104.
Hartono, H. (2018). Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. Kurios, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.22
Hendra, V. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. Kurios, 3(1), 48–65. https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29
Hutabarat, O. R. (2019). Mendidik Anak Berkarakter Kristen Mengatasi Kekerasan. Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama, 1(2). https://doi.org/10.36972/jvow.v1i2.12
Hutagalung, P. (2020). Pemuridan Sebagai Mandat Misi Menurut Matius 28:18-20. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i1.22
Kusumasondjaja, S. (2016). Identitas Sosial, Norma Kelompok, Kepercayaan Dan Online Helping Behavior Pada Komunitas Sosial Berbasis Facebook. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2), 296–312. https://doi.org/10.22441/jurnal_mix
Manalu, E. O. (2020). Pengaruh Konseling Pranikah Terhadap Keutuhan Keluarga. ANTUSIAS Jurnal Teologi dan Pelayanan, 6(1), 16–31.
Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia, 15(3), 241–249. https://doi.org/10.17509/pdgia.v15i3.11020
Naat, D. E. (2020). Tinjauan Teologis-Dogmatis Tentang Sakramen Dalam Pelayanan Gerejawi. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i1.18
Nadeak, L. (2017). Mencintai Keluarga : Mengahayati Keadilan dan Belas Kasih. LOGOS: Jurnal Filsafat-Teologi, 14(2), 1–16.
Nugroho, W. A. (2018). Peranan Pendidikan Keluarga Tentang Kekudusan Hidup Menurut Roma 12:1-2. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.16
Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93–114. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278
Putera, D. A. D. A., Wahyuni, A. A. S., & Ariani, N. K. P. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Perilaku Dan Emosional Pada Anak Di Sd Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(8), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/MU.2019.V8.i8.P3
Putra, A. M. (2018). Koreksi Persaudaraan: Tantangan dalam Mengembangkan Hidup Bersama. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 4(2), 197–218. https://doi.org/10.33550/sd.v4i2.72
Roy, B., & Yosef, A. (2019). Pertumbuhan Rohani Anak Dalam Keluarga Kristen Menurut Efesus 6:4. Jurnal The Way, 5(1), 52–69.
Sa’adah, U. (2017). Parenting Skills Orangtua dan Kesejahteraan Psikologis Anak. Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 14(2), 5–15. https://doi.org/10.18860/psi.v14i2.6504
Sahartian, S. (2019). Pengaruh Pembinaan Rohani Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2: 6-10 Di GBAP Surakarta. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1), 20–39. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.30
Sakti, B. P. (2018). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra, 29(101), 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9
Sari, D. N. (2019). Upaya Preventif Guru Kristen Dalam Menghadapi Degradasi Moral Anak. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.11
Siahaan, H. E. R. (2016). Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-raja 3:1-15. DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15–30. https://doi.org/10.30648/dun.v1i1.99
Sidjabat, B. S. (2019). Penguatan Guru Pak Untuk Pendidikan Karakter : Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3, 30–48.
Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.46965/jch.v2i1.108
Soesilo, Y. (2016). Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14. DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30648/dun.v1i1.98
Stevanus, K. (2018). Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 79–95. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.21
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sudaryanti, S. (2017). Mendidik Anak Menjadi Manusia Yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 506–517. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11706
Sudharma Putra, I. B. (2018). Sosial Control : Sifat Dan Sanksi Sebagai Sarana Kontrol Sosial. Vyavahara Duta, 13(1), 27–32. https://doi.org/10.25078/vd.v13i1.529
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Syamsuriadi, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pembelajaran Berpusat Pada Anak: Perspektif Naturalisme Romantik. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 571–583. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v6i1.288
Talupun, J. S. (2017). Resensi: Families in Ancient Israel � The Family, Religion, and Culture. Gema Teologika, 2(1), 97. https://doi.org/10.21460/gema.2017.21.297
Tandy K, P. (2016). Karakter Pendidik Kristen Dan Nilai-Nilai Kerajaan Allah Analisis Injil Matius. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 163–188. https://doi.org/10.33541/regula%20fidei.v1i1.147
Yudho, W., & Tjandrasari, H. (2017). Efektivitas Hukum Dalam Masyarakat. Jurnal Hukum & Pembangunan, 17(1), 57. https://doi.org/10.21143/jhp.vol17.no1.1227
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta STKIP Siliwangi Journals, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.