TANGGUNG JAWAB MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA KRISTEN

  • Tony Salurante Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta
  • Riste Tioma Silaen Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta
  • Yane Keluanan Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta
  • Yosia Belo Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta
Kata Kunci: etika Kristen, tanggung jawab, perbuatan baik, covid-19, protokol kesehatan

Abstrak

Artikel ini mendeskripsikan berbagai pandangan dari para etikus kristen tentang konsep tanggung jawab dari perspektif etika Kristen. Artikel ini berusaha memahami implikasi tanggung jawab bagi orang percaya di tengah pandemic Covid-19, khususnya dalam menjalankan protokol kesehatan. Dikatakan bahwa tanggung jawab memiliki relevansi bagi kehidupan etis-moral sebagai kesaksian menyatakan kasih Allah. Ketika seseorang melihat gagasan tanggung jawab hanya sebatas etika tugas semata maka akan terjebak dalam konsekuensialisme. Tanggung jawab dalam perspektif Etika Kristen adalah wujud dari perbuatan baik yang didasari iman yang diterima sebagai anugerah.tanggung jawab dalam kekristenan adalah cerminan mengasihi Allah dan sesama, bukan sekedar sikap yang benar atau tidak, karena perbuatan ini tidak mempengaruhi janji keselamatan. Dalam perspektif teologis, tanggung jawab terutama dilihat sebagai tanggung jawab retrospektif atas perbuatan di masa lalu dan konsekuensinya di hadapan Allah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amani, M. (2020). 20 Negara dengan Kasus Aktif Corona Tertinggi, Indonesia Nomor 14. kompas.com.

Bertens, K. (2013). Etika (15 ed.). Kanisius.

Binti Mufarida. (2021). Kerumunan di Pasar Tanah Abang, IDI: Mudah-mudahan Sehat Semua. Sindonews.

Cole, G. A. (1995). Responsible. In D. J. Atkinson & D. F. Field (Ed.), New Dictionary of Christian Ethics & Pastoral Theology. InterVarsitiy Press.

Dewantara, A. W. (2017). Filsafat Moral: Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Kanisius.

Douma, J. (2010). Kelakuan yang Bertanggung Jawab (6 ed.). BPK Gunung Mulia.

Huber, W. (2020). Ethics of responsibility in a theological perspective. STJ | Stellenbosch Theological Journal, 6(1), 185–206. https://doi.org/10.17570/stj.2020.v6n1.a11

Kaseke, F. Y. M. (2020). Sabat dan Pandemic Covid-19: Perspektif Eco-teologi Kristen. 9(1), 23–31. https://doi.org/10.47154/scripta.v9i1.110

Kusuma, B. (2020). Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Hentikan Upacara Rambu Solo di Toraja Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Hentikan Upacara Rambu Solo di Toraja, https://travel.tribunnews.com/2020/12/26/cegah-penye. Tribunnews.com.

Lotulung, G. (2021). Persentase Angka Kematian Covid-19 Indonesia Naik, Ini Analisis Ahli. kompas.com.

Lovin, R. W. (2009). Becoming Responsible in Christian Ethics. Studies in Christian Ethics, 22(4), 389–398. https://doi.org/10.1177/0953946809340939

Luhukay, A. S. (2020). Analisis Teologis Mengenai Beribadah Di Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 43–61. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i1.87

Mansur, A. (2020). Kasus Kerumunan Petamburan Disidik, FPI: Diskriminasi Hukum. Republika.

Niebuhr, H. R. (1963). The Responsible Self: An Essay in Christian Moral Philosophy. Harper & Row.

Schweiker, W. (1999). Responsibility and Christian Ethics. Cambridge University Press.

Schweiker, W. (2009). Responsibility and Moral Realities. Studies in Christian Ethics, 22(4), 472–495. https://doi.org/10.1177/0953946809340953

Severson, E. R. (2011). Scandalous Obligation: Rethinking Christian Responsibility. Beacon Hill Press.

Stassen, G. H., & Gushee, D. P. (2003). Etika Kerajaan: Mengikuti Yesus dalam Konteks Masa Kini. Momentum.

Sukur. (2021). Viral Kerumunan di Objek Wisata Riau, Kebijakan Setengah Hati? Liputan6.

Susanta, Y. K., Yordaniaputra, Y., & Christian, I. (2020). Ethics Of Responsibilities According To Emmanuel Levinas And Its Implications In The Interfaith Dialogue : Christian Perspectives. Dialog, 43(2), 167–176. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i2.389 |

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Verkyul, J. (2018). Etika Kristen (13 ed.). BPK Gunung Mulia.

Villiers, D. De. (2006). Prospects of a Christian Ethics of responsibility (Part 1): An assessment of an American version. Verbum et Ecclesia, 27(2), 468–487. https://doi.org/10.4102/ve.v27i2.159

Villiers, E. De. (2013). A Christian Ethics of Responsibility: Does It Provide an Adequate Theoretical Framework for Dealing With Issues of Public Morality? Scriptura, 82, 23–38. https://doi.org/10.7833/82-0-895

Wannenwetsch, B. (2005). “Responsible Living” or “Responsible Self”? Bonhoefferian Reflections on a Vexed Moral Notion. Studies in Christian Ethics, 18(3), 125–140. https://doi.org/10.1177/0953946805058804

Wells, S., Quash, B., & Eklund, R. (2017). Introducting Christian Ethics (2 ed.). Wiley Blackwell.

Diterbitkan
2021-05-19
##submission.howToCite##
Salurante, T., Silaen, R., Keluanan, Y., & Belo, Y. (2021). TANGGUNG JAWAB MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA KRISTEN. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 3(1), 63-83. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i1.198
Bagian
Artikel