METODE PENGINJILAN TERHADAP ANAK PUNK DI KOMUNITAS CROSSLINE FAMILY
Abstrak
Suatu misi penginjilan dapat berhasil apabila dilaksanakan secara kontekstual. Salah satu lembaga misi yang berhasil menjalankan penginjilan secara kontekstual adalah Crossline Family yang melaksanakan misi kepada anak punk. Penelitian ini bertujuan menggali metode penginjilan yang digunakan Crossline Family terhadap anak punk. Metode yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Informan adalah pemimpin dan anggota Crossline Family. Data diambil melalui teknik wawancara dan analisa sejarah perjalanan pelayanan Crossline Family yang telah didokumentasikan melalui video. Penelitian menemukan adanya tiga metode yang digunakan Crossline Family dalam penginjilan terhadap anak punk yaitu: 1) berelasi tanpa menghakimi, 2) pro-aktif berada di tengah-tengah kehidupan mereka dan menjadi teladan; 3) menyampaikan Firman Tuhan melalui genre lagu anak punk.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Annisa, A. R., Wibhawa, B., & Apsari, N. C. (2015). Fenomena Remaja Punk Ditinjau Dari Konsep Person In Environment (Studi Deskriptif Di Komunitas Heaven Holic Kota Bandung). Share : Social Work Journal, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24198/SHARE.V5I1.13084
Aritonang, A. (2021). Pekabaran Injil dalam Pemikiran Andreas A. Yewangoe. The New Perspective in Theology and Religious Studies, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.47900/NPTRS.V2I2.31
Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123–140. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326
Hannas, H., & Rinawaty, R. (2019). Menerapkan Model Penginjilan pada Masa Kini. Kurios, 5(2), 175–189. https://doi.org/10.30995/kur.v5i2.118
Haryanto, M. (2012). Profil Anak Punk. Publikasi.
Heryanto, D., & Sawaki, W. (2020). Menerapkan Strategi Penginjilan Paulus dalam Kisah Para Rasul 17:16-34 pada Penginjilian Suku Auri, Papua. Kurios: Jurnal Teologi Dna Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 318–329. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.213
Ifadah, M., & Aimah, S. (2012). Keefektifan Lagu sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronounciation/Pengucapan. Seminar Hasil-Hasil Penelitian-LPPM UNIMUS.
Lembaga Kursus Tertulis Internasional. (n.d.). Program Pelayanan Kristen Gereja Kristen Dalam Pelayanan. Malang: Penerbit Gandum Mas.
Manurung, K. (2020). Efektivitas Misi Penginjilan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Gereja. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 225–233. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.242
Marpaung, J. (2016). Studi Kasus Komunitas Anak Punk Di Daerah X Kota Batam Case Study Community Child Punk In The Region X City Batam. Cahaya Pendidikan, 2(2), 127–136. https://doi.org/10.33373/chypend.v2i2.640
Mawikere, M. C. S. (2018). Pendekatan Penginjilan Kontekstual Kepada Masyarakat Baliem Papua. Jurnal Jaffray, 16(1), 25–54. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.282
Nelly, & Gultom, L. (2020). Menerapkan Keteladanan Yesus sebagai Guru berdasarkan Injil Lukas bagi Guru SMA Kristen Adhi Wiyata Jember. Paeda’ - Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.34307/peada.v1i1.12
Norman, G., & David, G. (2010). Conversational Evangelism, Bagaimana Mendengarkan dan Berbicara agar Didengarkan. Yogyakarta: Yayasan Gloria.
Ogden, G. (2014). Transforming Discipleship (Pemuridan yang Mengubahkan) Membuat Beberapa Murid yang Serupa Kristus Dalam Waktu Bersamaan (M. K. Santoso, Ed.). Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur.
Paulus, Y. (n.d.). Diktat Kuliah Teologi Kontekstual. Bandung: STT KHARISMA.
Purba, A. (2015). Kreatifitas Yesus Dalam Membangun Hubungan Interpersonal dengan Murid-Muridnya. Jurnal TEDC, 9(1), 69–75.
Putranto, D. W. (2020). Makna Musik Cadas Bagi Komunitas Punk Kristen. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/NQD5B
Siti Nurul Hidayah, & Bela Fariza. (2020). Konsep Pendidikan Dan Kebebasan Anak Punk Street. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 645–651. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.705
Sugiono, S. (2020). Pendekatan Penginjilan Kontekstual Paulus Berdasarkan Kisah Para Rasul 17:16-34. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 87–102. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i2.492
Wijiati, M. (2020). Strategi Mengomunikasikan Injil kepada Generasi Mileneal. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 107–117. https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i2
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.