GEREJA BERMISI MELALUI MEDIA DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan peranan media dalam mendukung pelayanan misi di era revolusi industri 4.0. Sebab dari beberapa penelitian yang dijumpai ternyata masih ada beberapa pengguna media digital yang tidak bijak dalam bersosial media. Salah satu contohnya yaitu mewabahnya ujaran kebencian yang memainkan peran yang lebih besar dalam kejahatan rasial pada tahun 2019. Selain itu, tak sedikit juga dari pengguna media sosial dan sarana komunikasi online lainnya menggunakan akun pribadinya untuk memfitnah, melakukan tindakan bullying, bahkan sampai menyebarkan berita hoax. Untuk itu, para pengguna diharapkan bersikap bijak dalam menggunakan akun media sosialnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan beberapa rujukan melalui studi kepustakaan sehingga menghasilkan beberapa penjelasan yang dibahas secara sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gereja perlu membuka diri dalam hal kemajuan perkembangan media sebab ini akan menjadi salah satu ladang pelayanan yang sangat efektif dalam menjangkau jiwa di era revolusi industri 4.0 ini. Beberapa strategi dalam mengkomunikasikan pesan Injil yang dapat dilakukan guna menggiatkan pelayanan media antara lain melalui khotbah live streaming, rekaman video khotbah, update status melalui Facebook dan Instagram. Kesimpulannya ialah pelayanan media sangat berguna untuk menjangkau setiap masyarakat yang sulit untuk dijangkau. Namun yang terutama ialah pelayanan media dapat bertujuan untuk mempercepat kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali. “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” (Matius 24:14).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2019). Buletin APJII Edisi 40 - Mei 2019.
Bosch, D. J. . (2009). Transformasi Misi Kristen. BPK Gunung Mulia.
Camerling, Y., & Wijaya, H. (2019). Misi dan kebangkitan Rohani: Implikasi Misi Allah Bagi Gereja. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1), 57–71.
Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation. In Jurnal Pekommas (Vol. 3, Issue 1).
MacAvaney, S., Yao, H.-R., Yang, E., Russell, K., Goharian, N., & Frieder, O. (2019). Hate speech detection: Challenges and solutions. PLOS ONE, 14(8), e0221152. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0221152
Mahaney, C. J., Cabaniss, C., Kauflin, B., Harvey, D., & Purswell, J. (2011). Worldliness: Melawan Godaan Dunia yang Sudah Jatuh Dalam Dosa. Penerbit Pionir Jaya.
Okselviana, A. D., & Hastjarjo, S. (2016). PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI JEMAAT GBI KELUARGA ALLAH SOLO (Studi Kasus Penggunaan New Media Sebagai Media Komunikasi Jemaat GBI Keluarga Allah Solo Tahun 2015). Jurnal Kommas, 1.
Pasande, P., & Tari, E. (2019). PERAN GEREJA DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 38–58. http://jurnal.sttstarslub.ac.id/index.php/js/article/view/6
Pasasa, A. (2015). PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBERITAAN INJIL. Jurnal Simpson, 2(1), 71–98.
Pertiwi, W. K. (2018). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
Pratama, H. C. (2012). Cyber Smart Parenting: Kiat Sukses Menghadapi dan Mengasuh GENERASI DIGITAL. PT. Visi Anugerah Indonesia.
Reformed Exodus Community. (2015). Khotbah Streaming: Perlukah? Bolehkah?
Ronda, D. (2016). Pemimpin dan Media: Misi Pemimpin Membawa Injil Melalui Dunia Digital. Jurnal Jaffray, 14(2), 189. https://doi.org/10.25278/jj71.v14i2.210
Sadiman, A. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.
Santoso, J. (2017). PERANAN PENGGUNAAN MEDIA DALAM PENGEMBANGAN PELAYANAN KONSELING KELUARGA TERHADAP TANTANGAN KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK). Shift Key : Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 7(1). https://doi.org/10.37465/SHIFTKEY.V7I1.3
Stetzer, E. (2014, February). Social Media and Christian Ministry: Reaching the World for the Kingdom of God.
Stott, J. R. W. (1975). Christian mission in the modern world. Intervarsity Press.
Sumarto, Y. (2019). Tinjauan Teologis Tentang Ibadah Bagi Pelaksanaan Misi Allah. Jurnal Jaffray. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.312
Zacharias, R. (2013). Ravi Zacharias on Twitter.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.