IMAN KRISTEN DAN BUDAYA POPULAR
Abstrak
Manusia hidup dalam konteks budaya tertentu, di satu sisi, budaya adalah hasil dari kreativitas manusia, tetapi di sisi lain, budaya juga cenderung mempengaruhi manusia. Saat ini kita berada dalam masa budaya populer, budaya populer menekankan sikap pragmatis dan dikendalikan oleh kapitalisme yang disamarkan, Orang Kristen tidak lepas dari pengaruh budaya populer, orang Kristen dipanggil untuk dapat berperilaku dalam budaya populer tanpa meninggalkan Iman Kristen, artikel ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana hubungan iman Kristen dan budaya popular melalui pendekatan teologis.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Barr, J. (1997). Alkitab di Dunia Modern. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Berger, P. L. (1969). The Sacred Canopy: Elements Of a Sociology of Religion. New York: Doubleday.
Bernet, T. (1992). Popular Culture: Defining Our Terms. In Popular Culture: Themes and Issues (1st ed.). London: Open University Press.
Buckner, H. T., & Palen, J. J. (2006). The Urban World. In Contemporary Sociology (Vol. 5). https://doi.org/10.2307/2063174
Crampton, W. G. (2002). Verbum Dei. Surabaya: Momentum.
Geisler, N. L. (2002). Filsafat dari Perspektif Iman Kristen. Malang: Gandum Mas.
Hoffecker, W. A. (2010). Membangun Wawasan Dunia Kristen. Surabaya: Momentum.
McDowell, J. (2002). Apologetika Dasar. Malang: Gandum Mas.
McQuail, D. (2003). Mass Communication Theories (5th ed.). London: Sage Publication.
Niebuhr, H. R. (1951). Christ and Culture. New York: Harper and Row.
Park, A. (2010). Silsilah di Kitab Kejadian. Jakarta: Grasindo.
Suprayogo, I., & Tobroni. (2003). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Rosdakarya.
Vanhoozer, K. J. (2002). Dunia dipentaskan dengan Baik? Teologi, Kebudayaan, dan Hermeneutika. In Allah dan Kebudayaan (1st ed.). Surabaya: Momentum.
Wells, B. D. F. (2004). No Place for Truth. Surabaya: Momentum.
Welss, D. F. (2005). Allah di Lahan Terbengkalai. Surabaya: Momentum.
Williams, R. (1983). Keyword. London: Fontana.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.