STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PUSAT PENGEMBANGAN ANAK IO-0497 BENYAMIN OEBUFU

Kata Kunci: Strategi Pendidikan Agama Kristen, Pusat Pengembangan Anak Benyamin Oebufu, Analisis SWOT, Matrix Space Analysis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kemudian menentukan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di PPA IO-0497 Benyamin Oebufu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta analisis data menggunakan analisis SWOT. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah observasi dan studi literatur, identifikasi dan perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembahasan serta penarikan kesimpuan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 2 orang badan pengurus dan 4 orang mentor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPA IO-0497 Benyamin Oebufu memiliki 11 kekuatan, 8 kelemahan, 6 peluang dan 6 ancaman. Hasil matrix space analysis menunjukkan posisi strategi pembelajaran PAK di PPA IO - 0497 Benyamin Oebufu berada dalam wilayah Kuadran I, artinya strategi bertumbuh sangat dimungkinkan karena kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman. Strategi pembelajaran PAK di PPA IO-0497 Benyamin Oebufu adalah integrasi pembelajaran dengan Firman Tuhan, menerapkan pembelajaran Alkitab berbasis teknologi yang kreatif dan menarik, membangun komunitas rohani tumbuh bersama, mengadakan diklat peningkatan kompetensi bagi mentor serta melakukan pastoral konseling bagi anak dan orang tua.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Aspirasi, 8(1), 81–92.

Anwar, M. C., & Utami, M. C. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1–9.

Arifianto, E. Y. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Pendekatan Pola Komunikasi Efektif dalam Mewujudkan Konsep Malang Smart City. Jurnal Komunikasi Global, 6(2), 175–184.

Baharuddin. (2019). Manajemen strategik mutu pendidikan. Jurnal Idaarah, III(36), 155–163.

Chamidi, A. S., Lestari, A., Ariskawanti, E., Hidayati, K. D., Baety, N. N. H., Rohmah, N., Rosydah, & Istikomah, T. (2019). Analisa SWOT Manajemen Pendidikan di SMK Maarif 1 Kebumen. Ejournal, Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(2), 2580–9385.

Fahmi, F. H., Pratiwi, R. N., & Trisnawati. (2015). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan). Jurnal Administrasi Publik, 3(11), 1809–1813.

Gulo, S. (2017). Prinsip Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Bagi Keluarga Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) Gunung Sitoli. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 3(3), 452–456.

Hasugian, J. W. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa di Gereja. KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 36–53.

Kamayuda, D. M. D., & Krismanda, M. A. (2016). Perencanaan Strategi Bersaing Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Swasta Salatiga. Satya Widya, 32(2), 79–91. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p79-91

Khori, A. (2016). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. Manageria : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1), 75–99.

Kolibu, D. R. (2017). Tantangan Pelayanan Dalam Tugas Mengajar PAK: Kajian Teologis, Pedagogis Implmentasi Pendidikan Agama Kristen Sebagai Integrasi Iman dan Ilmu. Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 132–150.

Nainupu, M. (2009). Konseling Pastoral dalam Gereja: RES SINE QUA NON. JTA, 20(11), 78–100.

Oci, M. (2018). Pengaruh Pengelolaan Kelas Dalam Pelajaran Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Kanaan Ungaran Tahun Ajaran 2017-2018. Jurnal Fidei, 1(2), 199–218.

Pakpahan, E. S., Siswidiyanto, & Sukanto. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 116–121.

Primadona, Y., & Rafiqi, Y. (2019). Analisis swot pada strategi persaingan usaha minimarket madina purbaratu kota tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 49–60.

Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Sategik Berbasis (Beyond Center and Circle Time) BCCT Pada PAUD. Jurnal Pedagogia, 1(2), 213–223.

Shamadiyah, N. (2017). Analisis Swot Strategi Pemberdayaan Masyarakat Program Penataan Lingkungan Permukiman Komunitas Di Kelurahan Suryatmajan, Kota Yogyakarta. Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 2(1), 58–66. https://doi.org/10.29103/ag.v2i1.506

Sidjabat, Binsen S. (2019). MERETAS POLARISASI PENDIDIKAN KRISTIANI: Sebuah Pengantar tentang Arah Pendidikan Kristiani di Gereja, Akademia, dan Ruang Publik. Indonesian Journal of Theology, 7(1), 7–24.

Sidjabat, Binsen Samuel. (2019). Kerangka Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Jaffray, 17(1), 73–90. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.314

Subekti, T., & Pujiwati. (2019). Pemuridan Misioner dalam Menyiapkan Perluasan Gereja Lokal. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 3(2), 157–172. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i2.126

Sujoko, E. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis Swot Di Sekolah Menengah Pertama. Kelola : Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–14.

Wijayatsih, H. (2011). Pendampingan dan Konseling Pastoral. Gema Teologi, 35(1/2), 3–10.

Yulianingsih, D., & Gaol, S. M. M. L. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Fidei, 2(1), 100–119.

Yuliati, & Yemima, K. (2019). MODEL PEMURIDAN KONSELING BAGI ALUMNUS PERGURUAN TINGGI LULUSAN BARU (FRESH GRADUATE) YANG MENGINGKARI PANGGILAN PELAYANAN. Gamaliel :Teologi Praktika, 1(1), 26–40.

Diterbitkan
2020-09-21
##submission.howToCite##
Tanaem, Y., & Djira, I. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PUSAT PENGEMBANGAN ANAK IO-0497 BENYAMIN OEBUFU. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 2(2), 180-202. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.96
Bagian
Artikel